Back To Top

Kamis, 08 Juni 2017

SEJARAH SMAN 1 SIDAYU

SMA Negeri 1 Sidayu merupakan satu-satunya sekolah negeri ditingkat atas yang ada di wilayah Sidayu dan sekitarnya SMAN1 Sidayu berdiri di Dedsa Ngawen Kec. Sidayu Kab.Gresik pada tanggal 17 Juli 1984. Pada awal berdirinya, SMAN 1 Sidayu belum memiliki gedung sekolah secara pribadi, tetapi gedungnya masih menggabung di SMPN 1 Sidayu. Kepala Sekolah yang pertama memimpin SMAN 1 Sidayu adalah R. Soetomo Harjomurtono, Beliau sibantu seorang guru yang satu-satunya berstatus PNS, yaitu Bapak Slamet Suhardi secara langsung ditunjuk oleh Kepsek sebagai Waka. Kurikulum. Kedua orang inilah cikal bakal di SMAN 1 Sidayu yang berjaung dan tarus memperjuangkan keberadaan SMAN 1 Sidayu ditengah-tengah masyarakat Sidayu dan Sekitarnya, tentunya dibantu dibantu tenaga TU dan guru dari mahasiswa PPL IKIP Surabaya.
Selama 2 tahun SMAN 1 Sidayu menempati gedung sekolah SMPN 1 Sidayu, yang pada akhirnay pemerintah propinsi melalui KAKANDEP membeli tanah di Ngawen seluas kurang lebih 2 Ha. Untuk mendirikan gedung SMAN 1 Sidayu kemudian pada tanggal 10 Februari 1986 gedung SMAN 1 Sidayu resmi berdiri di bumi Ngawen, di Jl. Pahlawan No. 06 Sidayu Gresik.
Kepala Sekolah yang paling lama memimpin SMAN 1 Sidayu adalah R. Soetomo Harjomurtono dibanding dengan Kepala Sekolah lain. Kemudian datang Kepala Sekolah lainnya yaitu Bapak Qomary Sholih, Bapak Supardi Al-Darsan, Bapak Ali Mujtahidin(alm) dan Bapak Syaiful Khamid. Dan pada kepemimpinan Drs. Khoirul Huda (sekarang Kepala SMAN 1 Gresik 2006) SMAN 1 Sidayu mulai diperhitungkan, dilirik dan diminati banyak masyarakat bahkan menjadi sekolah yang mengejutkan banyak kalangan dunia pendidikan karena prestasinya yang cukup membanggakan.
Ada sejarah jilbab di SMAN 1 Sidayu ini, pada saat SMAN 1 Sidayu ini dipimpin oeh R. Soetomo Hartomurtono, dinas pendidikan melarang siswi SMAN memakai jilbab, termasuk melarang para guru perempuan, tetapi pada masa kepemimpinan Bapak Qomary Sholih, larangan memakai jilbab itu dihapus. Perjuangan guru – guru dan warga SMAN 1 Sidayu agar siswi SMAN 1 Sidayu memakai jilbab membuahkan hasil. Mulailah muncul satu-dua-tiga sampai beratus-ratus jilbab di SMAn 1 Sidayu, dari siswa putrid sampai guru perempuannya memulai memakai jilbab sampai sekarang siswi SMAN 1 Sidayu memakai jilbab bahkan menjadi keharusan (identik-WAJIB JILBAB).
SMAN 1 Sidayu mulai mengalami kejayaannya ketika dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah yang bernama Drs. Khoirul Huda. Beliau dating di SMAN 1 Sidayu membawa angin segar, manajement sekolah diubah secara drastic kearah yang lebih transparent dan terkendali, semua unsure digerakkan dan diperhatikan, alur administrasi dibenahi secara baik. Dengan gaya kepemimpinan yang ditawarkan oleh Drs. Khoirul Huda ini rupanya diminati dan disukai sebagian besar guru dan karyawan serta siswa, Penataan administrasi terus dilakukan, penataan secara fisikpun mulai digerakkan dan dijalankan, satu persatu gedung dan ruang baru (model baru) berdiri. Sarana pembelajaranpun tak ketinggalan untuk dibenahi, semua unsure guru dan karyawan turut membantu, bergotong-royong, rawe-rawe rantas membenahi SMAN 1 Sidayu.
Bapak Drs. Khoirul Huda yang sudah mulai diakui kehandalannya menata SMAN 1 Sidayu dipanggil menghadap keatasannya, beliau akhirnya mutasi ke SMAN 1 Gresik. Sebagai penggantinya adalah Bapak Ali Mujatahidin (alm), yang warna kepemimpinannya tidak terlalu jauh berbeda dengan Drs. Khoirul Huda. Beliau sangat terbuka, loyal, ramah, dan demokratis, tidakmengandalkan formalitas, beliau mempunyai prinsip yang penting bagi seluruh sifitas SMAN 1 Sidayu.
Rupanya gaya kepemimpinan Bapak Ali Mujtahidin (alm) ini mampu menggait hati dan kemauan para guru serta karyawan, juga siswa. Kekurangan demi kekurangan yang masih tersisa pada masa Bapak Drs. Khoirul Huda dibenahi oleh beliau. Pergerakan prestasi di SMAN 1 Sidayu pada masa Bapak Ali Mujtahidin terus mambaik. Hal yang mengagumkan adalah saat perolehan NUM tertinggi sekabupaten Gresik untuk jurusan IPA, dan juara-juara lomba olympiade Fisika JAwa Timur, serta banyak lagi. Belum tamat perjuangan beliau di SMAN 1 Sidayu, beliau sudah dipanggil oelh Allah SWT. Untuk selama-lamanya. Hadir kembali sekolah yang baru, yaitu Syaiful Khafid. ( Kepala Sekolah SMAN 1 Sidayu sampai sekarang).